Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat


P r o f i l

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (UNIHAZ) terbentuk seiring dengan berdirinya Universitas tertua di Propinsi Bengkulu. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menuntut LPPM untuk ikut serta memajukan UNIHAZ di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan visi LPPM UNIHAZ yaitu " Mewujudkan masyarakat ilmiah Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu yang kompeten dan aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bidang - bidang yang berkaitan dengan pola ilmiah pokok Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. ". ”.

LPPM UNIHAZ mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan dan mencatat banyak penelitian yang telah didanai oleh dana DIPA LPPM UNIHAZ, DIPA Kopertis Wilayah II dan DIPA Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Pendidikan Tinggi. Sejak 10 Oktober 2012 LPPM di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si dibantu oleh Sekretaris, Ketua Pusat Penelitian, Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat dan Ketua Pusat Studi Hukum dan HAM, LPPM UNIHAZ melakukan beberapa gebrakan yang bertujuan untuk meningkatkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Beberapa gebrakan yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan sumber daya peneliti, diseminasi hasil-hasil penelitian dengan melibatkan para stakeholders yang ada di Propinsi Bengkulu dan beberapa pelatihan lainnya. Peningkatan jumlah peneliti yang didanai penelitiannya baik melalui DIPA LPPM UNIHAZ maupun DIPA DITLITABMAS mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dari jumlah penelitian yang masuk dan didanai DIPA LPPM tahun anggaran 2013/2014 berjumlah 25 judul penelitian dosen dengan berbagai skim, 3 judul penelitian mahasiswa dan 3 judul Iptek bagi Masyarakat (IbM). Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai DITLITABMAS tahun 2013/2014 terdiri atas 3 judul penelitian desentralisasi dan 1 IbM. Tahun anggaran 2014/2015 meningkat dengan jumlah penelitian desentralisasi sebanyak 9 judul dan IbM 1 judul.
LPPM UNIHAZ melakukan langkah maju untuk mengimbangi kemajuan teknologi informasi (IT) dengan melakukan pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) On-line bagi mahasiswa sejak tahun anggaran 2012/2013. Banyak kendala yang dihadapi tetapi tidak menyurutkan langkah LPPM UNIHAZ untuk terus mendobrak kekurangpedulian Dosen dan Mahasiswa untuk terus mempelajari teknologi informasi demi kemajuan UNIHAZ. .

Salah satu wujud kinerja LPPM UNIHAZ adalah menduduki peringkat ke 195 pada Daftar Klaster Penelitian dari seluruh universitas yang ada di Indonesia. Perjuangan baru diawal dan belum berakhir, kerja keras, bahu membahu, saling mengisi dan pantang menyerah adalah kiat LPPM untuk terus melakukan perubahan demi kemajuan LPPM UNIHAZ khususnya dan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH pada umumnya.

LPPM di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Yulfiperius, M. Si dalam menjalankan programnya berlandaskan kesalehan sosial. Kesalehan sosial yang dimaksud yakni dengan kriteria kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Selain itu kesalehan sosial yang dilakukan haruslah berbasis amal ilmiah dan ilmu amaliah.

Universitas Prof.Dr.Hazairin.SH Bengkulu
Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat

L P P M